SEJARAH DESA

Penamaan/Nomenklatur Desa Majakerta berdasarkan dari informasi yang disampaikan oleh para tokoh masyarakat yang dapat dipercaya, dan diduga kuat bahwa desa Majakerta sudah mulai ada dan melembaga sejak jaman penjajahan. Hal ini dibuktikan dengan keberadaan makam Mbah Kerta Maja yang konon ceritanya sebagai Kepala Desa pertama, yang letaknya di Dukuh Penusupan wilayah Desa Majakerta. Sejak itulah terbentuknya Desa Majakerta. Sampai sekarang nama Majakerta tetap dilestarikan. Namun secara formal nama Majakerta belum diketahui dibakukan dalam bentuk Peraturan Perundang-undangan misalnya Peraturan Daerah, walaupun demikian nama Desa Majakerta telah diakui secara administratif sebagai salah satu nama Desa dari 211 desa yang ada di Kabupaten Pemalang.

 

Desa Majakerta meluas dan untuk pusat pemerintahan serta nama wilayah Desa Majakerta beralih ke bawahnya dusun tersebut dan dari zaman penjajahan Belanda sampai sekarang nama Majakerta tetap dilestarikan.

Namun secara formal nama Majakerta belum diketahui ataupun dibakukan dalam bentuk peraturan perundang-undangan misalnya peraturan daerah, walaupun demikian nama Desa Majakerta telah diakui secara administratif sebagai salah satu nama desa dari 211 desa yang ada di Kabupaten Pemalang.

Periode jabatan kepemimpinan Pemerintahan Desa Majakerta sejak jaman penjajahan belanda sampai sekarang adalah sebagai berikut :

  1. Kepala Desa SAMPI ALIAS KERTA MAJA Tahun 1940 an

Sekdes / Carik

  1. Kepala Desa CAKIYEM Tahun 1943 ­– 1949

Sekdes / Carik

  1. Kepala Desa TOYIB      Tahun 1949 – 1975

Sekdes / Carik

  1. Kepala Desa IMAN KHALIRI      Tahun 1975 – 1988

Sekdes / Carik SUHARI

  1. Kepala Desa IMAN KHALIRI      Tahun 1988 – 1998

Sekdes / Carik MUHARJO

  1. Kepala Desa SOLICHIN      Tahun 1998 – 2007

Sekdes / Carik MUHARJO

  1. Kepala Desa SOPAN AMINUDIN      Tahun 2007 – 2012

PLT. Sekdes / Carik  SISWOYO

  1. Kepala Desa HIMAWAN DEDHI PATRIA Tahun 2012 – Sekarang

PLT. Sekdes / Carik  SISWOYO